Cara Menciptakan Alamat Surat Di Ms Word

Surat menyurat merupakan bab penting dari operasional suatu perusahaan atau instansi. Melalui surat menyurat, banyak sekali hal sanggup disampaikan secara resmi dari suatu perusahaan/instansi ke perusahaan atau instansi lainnya. Alamat surat biasanya menyertakan nama orang atau instansi yang dituju beserta alamatnya, nomor surat dari instansi pengirim, sifat surat, jumlah lampiran, dan hal/perihal surat yang dikirim.

Surat menyurat merupakan bab penting dari operasional suatu perusahaan atau instansi Cara Membuat Alamat Surat di Ms Word

Untuk menciptakan alamat surat tersebut kita sanggup saja memakai pengaturan tab dari paragraf yang ada. Akan tetapi berdasarkan saya lebih baik kita memakai tabel dalam pembuatannya. Dengan memakai tabel kita sanggup mengatur jarak secara visual lebih baik.

  1. Untuk menciptakan alamat surat menyerupai pola gambar di atas, kita membutuhkan setidaknya 6 baris dan 6 kolom. Untuk menciptakan tabel tersebut sanggup dilakukan dengan cara :
    • Letakkan kursor teks di bawah kop surat
    • Klik ribbon insert
    • Klik tombol table
    • Pilih ukuran 6x6 Table
  2. Surat menyurat merupakan bab penting dari operasional suatu perusahaan atau instansi Cara Membuat Alamat Surat di Ms Word

  3. Atur lebar dari kolom tabel. Buat biar lebar kolom ke 2, ke 4 dan ke 5 di perkecil. Caranya :
    • Arahkan kursor mouse ke garis vertikal ke tiga (garis pembatas sebelah kanan kolom ke dua)
    • Klik kemudian drag ke arah kiri
    • Lakukan hal yang sama untuk pembatas kolom ke 4 dan 5
  4. Surat menyurat merupakan bab penting dari operasional suatu perusahaan atau instansi Cara Membuat Alamat Surat di Ms Word

  5. Isikan semua elemen surat menyerupai tanggal surat, tujuan, nomor, sifat, lampiran dan ihwal surat.
  6. Atur kembali lebar kolom jika memang perlu di diadaptasi
  7. Surat menyurat merupakan bab penting dari operasional suatu perusahaan atau instansi Cara Membuat Alamat Surat di Ms Word

  8. Langkah selanjutnya buat tujuan surat menjadi satu buah sel saja (di merge cell). Caranya :
    • Blok tujuan surat dengan 3 buah sel di bawahnya (lihat gambar di atas)
    • Klik ribbon Layout
    • Klik Merge Cells
  9. Surat menyurat merupakan bab penting dari operasional suatu perusahaan atau instansi Cara Membuat Alamat Surat di Ms Word

  10. Kemudian hasil dari penggabungan sel(merge cell) tersebut akan tampak menyerupai gambar di bawah ini
  11. Selanjutnya blok seluruh tabel untuk dihilangkan / disembunyikan bordernya.
  12. Surat menyurat merupakan bab penting dari operasional suatu perusahaan atau instansi Cara Membuat Alamat Surat di Ms Word

  13. Cara menghilangkan border tabel :
    • Klik ribbon Home
    • Klik tombol Border
    • Lalu pilih item No Border
  14. Label / alamat surat menyerupai yang tampak pada gambar paling atas (pertama) telah siap untuk dipakai

Surat menyurat merupakan bab penting dari operasional suatu perusahaan atau instansi Cara Membuat Alamat Surat di Ms Word

 

Tips Cara Membuat Alamat Surat di Ms Word

  • Bila anda perlu merubah lebar kolom tabel, tampilkan terlebih dahulu border tabel dengan cara klik item All Borders, sehabis pengeditan final anda sembunyikan border tabel kembali dengan klik item No Border.
  • Untuk menciptakan label surat dengan mail merge anda tinggal mengganti nama orang / perusahaan dengan label dari mail merge

0 Response to "Cara Menciptakan Alamat Surat Di Ms Word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel