Cara Menciptakan Mail Merge Di Ms Word (Step-By-Step)

Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang banyak. Penggunaan daftar seruan di mail merge mempermudah dan mempercepat kita dalam memperbaharui surat tanpa harus membaca suratnya satu persatu. Berikut ini merupakan proses pembuatan mail merge dan untuk memperjelasnya saya sertakan juga dengan gambar setiap langkah.
  1. Untuk pembuatan mail merge pertama-tama kita buka dan mempersiapkan surat yang akan kita kirim. Bentuk surat tersebut ibarat surat yang biasa kita gunakan. Misalkan kita akan membuatnya dengan memakai bentuk alamat surat yang telah kita buat sebelumnya.
  2. Kemudian klik ribbon Mailings
  3. Lalu klik tombol Start Mail Merge
  4. pilih item Step by Step Mail Merge Wizard
  5. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  6. Selanjutnya pada bab kanan akan muncul panel Mail Merge
  7. Pilih opsi Letter, alasannya yaitu kita akan mengirim surat.
  8. Lalu klik Next: Starting Document
  9. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  10. Selanjutnya pilih Use Current Document, alasannya yaitu kita sudah membuka dokumen / surat yang akan kita buat mail merge nya.
  11. Lalu klik Next: Select Recepients
  12. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  13. Pilih item Type a New List untuk menciptakan daftar gres para seruan atau akseptor / tujuan surat
  14. Lalu klik Create
  15. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  16. Pada obrolan New Address List ketikkan data para akseptor seruan / tujuan surat.
    • Tekan tombol keyboard TAB untuk berpindah antar kolom
    • Klik tombol New Entry untuk memasukkan data akseptor seruan yang baru
    • Klik Delete Entry untuk menghapus sebuah data akseptor undangan
    • Gunakan tombol Customize Columns untuk mengatur kolom yang akan ditampilkan
  17. Setelah final memasukkan data akseptor seruan klik tombol OK
  18. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  19. Anda selanjutnya akan diminta untuk menyimpan daftar akseptor seruan tadi
  20. Simpan data daftar akseptor undangan/tujuan surat tersebut, sebaiknya di folder daerah anda biasa menyimpan dokumen
  21. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  22. Bila ada item / daftar seruan yang tidak ingin anda undang, hilangkan tanda checklist yang berkenaan
  23. Selanjutnya klik tombol OK
  24. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  25. Langkah selanjutnya memasukkan field data ke dalam dokumen surat kita
    • Bila masih ada ketikan nama perusahaan blok teks tersebut atau Letakkan kursor di daerah Kepada Yth
    • Klik ribbon mailings
    • Klik tombol Insert Merge Field
    • Pilih item Company Name
  26. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  27. Letakkan kursor di baris dibawahnya,
  28. Lakukan kembali untuk menyisipkan field Address Line1 dan field City
  29. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  30. Bila tidak ada komplemen daftar seruan lagi, selanjutnya klik Next: Preview your Letter
  31. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  32. Klik tombol << dan >> untuk berpindah antar record dan melihat preview tampilan data yang ada di dalam daftar undangan.
  33. Klik tombol Exclude this recipient jika ada record data yang sedang ditampilkan berisikan nama/perusahaan yang tidak diundang
  34. Selanjutnya klik Next : Complete the merge
  35. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  36. Menyelesaikan proses mail merge:
    • Klik tombol Print untuk mencetak dokumen mail merge pribadi ke printer, atau
    • Klik tombol Edit Individual Letters untuk menciptakan sebuah file dokumen berisikan surat dengan nama akseptor yang ada di daftar seruan / tujuan surat
  37. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  38. Bila anda menentukan Edit individual letter maka anda akan diminta mengisikan record data (data rekaman) mana yang akan dicetak.
    • Pilih All untuk mencetak semua record
    • Pilih Current Record untuk mencetak data yang sedang ditampilkan
    • Atau pilih From … To … yang diisi dengan nomor record yang akan dicetak
    • Lalu klik tombol OK
  39. Anda akan dibuatkan dokumen surat dengan akseptor seruan sesuai pilihan anda
  40. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  41. Bila anda menentukan Print maka anda akan diminta mengisikan record data (data rekaman) mana yang akan dicetak.
    • Pilih All untuk mencetak semua record
    • Pilih Current Record untuk mencetak data yang sedang ditampilkan
    • Atau pilih From … To … yang diisi dengan nomor record yang akan dicetak
    • Lalu klik tombol OK
  42. Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

  43. Selanjutnya anda akan dimunculkan pilihan print pilih All untuk mencetak semua dokumen
  44. Lalu klik tombol OK

Mail merge mempermudah kita dalam pembuatan surat dengan jumlah akseptor atau tujuan yang  Cara Membuat Mail Merge di Ms Word (Step-by-step)

Tips Cara Membuat Mail Merge (Step-by-step)

Proses pembuatan mail merge termasuk yang cukup rumit. tetapi dengan mencoba, berlatih dan berusaha anda akan sanggup membuatnya sendiri tanpa perlu melihat panduan lagi.

0 Response to "Cara Menciptakan Mail Merge Di Ms Word (Step-By-Step)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel