Cara Atau Trik Menambahkan Teks Pada Rumus Excel

Rumus di excel sangat bermacam-macam dan berguna masing-masing. Kita biasanya memakai dua buah sel untuk sebuah hasil perhitungan. Satu sel dipakai untuk rumus perhitungan, sel yang satunya lagi dipakai untuk menunjukkan keterangan perihal hasil, misalkan "TOTAL", "JUMLAH", dan lain sebagainya. Padahal kita dapat menghemat pemakaian sel dengan menciptakan keduanya diletakkan dalam satu sel sehingga menciptakan hasil perhitungan tersebut menjadi lebih berarti atau bermakna.

Microsoft Excel mengenal keterangan menyerupai "TOTAL", "JUMLAH", "KEUNTUNGAN", "SALDO", dan sejenisnya sebagai data bertipe string. Untuk menggabungkan string tersebut ke dalam sel kita dapat memakai operator atau tanda "&". Untuk lebih jelasnya lihat teladan berikut.

  1. Misalkan kita mempunyai 10 buah bilangan acak yang terletak di sel A1 hingga A10.
  2. Letakan kursor pada sel C3, kemudian ketikkan =SUM(A1:A10). Microsoft Excel akan menghitung dan menampilkan hasil penjumlahan, misalkan 94.
  3. Letakan kursor pada sel C4, kemudian ketikkan ="Jumlah " & SUM(A1:A10)
    Microsoft Excel akan menghitung dan menampilkan teks "Jumlah : " dan hasil penjumlahan, misalkan Jumlah : 94.
  4. Anda dapat mengganti teks tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. String yang ditambahkan akan ditampilkan sesuai dengan yang anda ketik, jikalau anda mengetik "jUMLAH" maka akan ditampilkan "jUMLAH", jikalau mengetiknya "JumLAh" maka yang akan ditampilkan juga yaitu "JumLAh"

Rumus di excel sangat bermacam-macam dan berguna masing Cara atau Trik Menambahkan Teks Pada Rumus Excel


 

Tips Menambahkan Teks Pada Rumus Excel

  • Data bertipe string tidak dapat dijumlahkan menyerupai halnya angka numerik.
  • Fungsi SUM menunjukkan hasil penjumlahan nilai numerik. Pada teladan di atas nilai hasil perhitungan tersebut otomatis dikonversi menjadi string oleh microsoft excel.
  • selain fungsi SUM() anda juga dapat menggabungkan string dengan fungsi lainnya menyerupai AVERAGE, VLOOKUP, HLOOKUP, dan masih banyak lagi.

0 Response to "Cara Atau Trik Menambahkan Teks Pada Rumus Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel