Tutorial Cara Menciptakan Tabel Di Ms Word 2007

Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel. Hal ini dibuktikan dengan adanya banyak sekali cara untuk membuat, mengedit ataupun mengatur tabel semoga sesuai dengan harapan kita. Fasilitas yang diberikan mendukung sepenuhnya pembuatan tabel baik dari segi unsur pembuatan tabel yang mudah, cepat maupun pembuatan tabel secara visual memakai draw table. Selanjutnya semua cara yang biasa dipakai untuk menciptakan tabel di microsoft word akan dibahas satu-persatu berikut ini dan semoga sanggup menjadi panduan menciptakan tabel bagi anda. Anda sanggup membaca satu persatu cara tersebut atau eksklusif menuju cara yang diinginkan dengan eksklusif klik tautan di bawah ini.

  1. Cara Paling Praktis Membuat Tabel di Microsoft Word
  2. Cara Cepat Membuat Tabel Berukuran Besar
  3. Cara Membuat Tabel dengan Draw Table (secara visual)
  4. Membuat Tabel dari Menyisipkan Sheet Excel
  5. Cara Cepat menciptakan Tabel dengan Quick Table



1. Cara Paling Praktis Membuat Tabel di Microsoft Word

Cara Ini efektif untuk menciptakan tabel berukuran kecil atau sedang dimana pada ketika awal pembuatan banyaknya kolom maksimal yang sanggup dibentuk yakni 10 kolom dengan memakai paling banyak 8 buah baris. Bila merasa kekurangan atau kelebihan, sesudah tabel dibentuk anda sanggup menambah atau mengurangi baris sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk menciptakan tabel tersebut gunakan langkah-langkah berikut :

  1. Misalkan kita ingin menciptakan tabel di dalam dokumen, dengan ukuran yang dikehendaki yakni 4 kolom dan 7 baris, atau sering dibilang tabel 4x7.
  2. Pertama-tama pindahkan kursor teks ke lokasi tabel akan dibuat.
  3. Lalu klik ribbon Insert lalu klik tombol Table
  4. Anda akan melihat banyak kotak-kotak kecil, kotak tersebut yakni sel yang dipakai sebagai panduan untuk menciptakan ukuran tabel dalam banyaknya kolom ataupun baris.
  5. Gerakkan kursor mouse ke kotak-kotak kecil tersebut. Di atas kotak-kotak tersebut anda akan melihat ukuran tabel berubah-ubah sesuai dengan posisi mouse. Perhatikan pula bingkai kotak akan berubah warna menjadi orange yang pertanda ukuran tabel yang akan anda buat.
  6. Untuk menciptakan tabel 4 kolom dan 7 baris lakukan pilih 4 kotak dari kiri dan 7 kotak dari atas kemudian klik kotak tersebut.
  7. Microsoft word akan menyisipkan tabel dengan ukuran 4 kolom x 7 baris dalam dokumen anda.
  8. Selanjutnya anda tinggal mengatur lebar baris dan kolom sesuai dengan harapan atau kebutuhan

Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007


Untuk cara-cara berikutnya yang dipakai merupakan pembahasan dari sajian pembuatan tabel yang ada pada gambar di atas.


2. Cara Cepat Membuat Tabel Berukuran Besar

Keterbatasan cara pertama di atas yakni pada ukuran kolom dan baris maksimum yang hanya mencapai 10 kolom dan 8 baris. Meskipun sesudah tabel kita buat sebetulnya kita masih sanggup menambah baris dan kolom, tetapi hal tersebut tentunya akan cukup memakan waktu terutama kalau kolom dan terutama baris yang harus dibentuk berukuran besar atau sangat banyak. Untuk sanggup eksklusif mendapat tabel dengan ukuran baris atau kolom yang banyak kita sanggup memanfaatkan dialog Insert Table seperti tutorial contoh pembuatan tabel di microsoft word berikut ini :

  1. Misalkan tabel yang akan dibentuk berupa tabel dengan 12 kolom dan 34 baris.
  2. Klik pada lokasi tabel akan ditempatkan
  3. Menu yang dipakai masih bekerjasama dengan cara menciptakan tabel sebelumnya. Lakukan terlebih dahulu klik pada tab ribbon Insert
  4. Lalu klik tombol Table
  5. Kemudian pada sajian yang muncul lihat pada bab bawah, pilih Insert table
  6. Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007
  7. Selanjutnya akan muncul dialog Insert table, isi kotak Number of Columns dengan 12 atau sesuai jumlah kolom, serta isikan pula kotak Number of Rows dengan nilai 34 atau sesuai dengan jumlah baris.
  8. Klik tombol OK
  9. Microsoft Word akan menambahkan sebuah tabel dengan ukuran jumlah kolom sebanyak 12 dan baris sebanyak 34.
  10. Seperti pembuatan dengan cara pertama, sesudah tabel disisipkan anda juga tinggal mengatur lebar kolom dan tinggi baris tabel.


3. Cara Membuat Tabel dengan Draw Table (secara visual)

Cara ini 100 persen berbeda dengan kedua cara sebelumnya. Anda akan eksklusif menciptakan sekaligus mengatur tabel baik mengatur lebar kolom maupun tinggi barisnya. Untuk lebih jelasnya lihat tutorial pembuatan tabel di microsoft word berikut ini.
  1. Seperti kedua cara sebelumnya, untuk memulai draw table anda harus klik terlebih dahulu ribbon Insert lalu klik tombol Table, kemudian pada sajian yang tampil pilih item Draw Table, atau tombol tekan ALT+N lalu ketik TD
  2. Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007
  3. Selanjutnya kursor akan menjelma pensil kemudian buat kotak di area yang akan anda buat menjadi tabel. Caranya klik pada bab kiri atas kemudian tahan, sambil menekan tombol mouse gerakkan kursor mouse ke kanan bawah kemudian lepaskan tombol mouse. Pada tahap ini anda telah menciptakan tabel dengan 1 buah sel.
  4. Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007
  5. Tahapan selanjutnya yakni anda menciptakan kolom dan baris pada sel tersebut.
  6. Untuk menciptakan kolom tabel arahkan kursor yang berbentuk pensil tadi ke bingkai / border horizontal bab atas, kemudian klik dan tahan tombol mouse, gerakkan ke bawah menuju bingkai/border bab bawah kemudian lepaskan tombol mouse. Anda telah menambahkan sebuah kolom baru. Anda juga sanggup melaksanakan dengan arah sebaliknya, dari bawah ke atas. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai semua kolom yang diperlukan tersedia.
  7. Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007
  8. Untuk menciptakan baris anda sanggup lakukan hal yang menyerupai dengan pembuatan kolom. Arahkan kursor ke bingkai vertikal bab kiri, kemudian klik dan tahan tombol mouse, geser kursor mouse ke arah kanan kemudian lepaskan.
  9. Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007
  10. Lakukan berulang-ulang, sehingga anda sanggup membentuk sebuah tabel lengkap dengan baris dan kolomnya.
  11. Jangan lupa Isi judul header tabel

Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007

Tips :
Bila anda salah menciptakan garis tekan saja tombol keyboard CTRL+Z untuk Undo atau membatalkan perintah terakhir, atau anda sanggup memakai tombol Eraser yang ada di Tab Ribbon Design pada Table Tools. Cara memakai tombol eraser sama menyerupai memakai tombol Draw Table. Anda tinggal pilih garis / border tabel yang akan dihapus kemudian klik dan drag kursor mouse.

Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007


4. Membuat Tabel dengan Menyisipkan Sheet Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet buatan microsoft yang mempunyai banyak kelebihan. Anda sanggup menciptakan tabel sekaligus memanfaatkan kelebihan microsoft excel tersebut baik rumus, fungsi, grafik dan lain sebagainya. Untuk menyisipkan sheet excel ke dalam dokumen microsoft word gunakan langkah berikut :

  1. Pilih dan klik untuk lokasi penempatan tabel
  2. Seperti biasa, klik dahulu tab ribbon Insert lalu klik tombol Table
  3. Kemudian pada sajian yang muncul pilih Excel Spreadsheet
  4. Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007
  5. Selanjutnya anda akan melihat sebuat kotak object worksheet microsoft excel disisipkan dalam dokumen anda.
  6. Atur lebar dan tinggi tampilan object tersebut.
  7. Berikan border menyerupai halnya anda menciptakan border di microsoft excel semoga menjadi tabel sesuai harapan anda.
  8. Seperti halnya anda bekerja di microsoft excel, anda sanggup memakai banyak sekali rumus microsoft excel pada sheet tersebut. Hal ini kelebihan yang tidak dimiliki tabel-tabel lain yang dibentuk di microsoft word.
  9. Setelah selesai memberi border atau bekerja dengan sheet tersebut klik di luar area object excel tersebut untuk kembali ke pengeditan microsoft word.
  10. Klik dua kali (double click) tabel tersebut bila anda ingin kembali mengedit nya.

Tips:

Bila anda ingin gridlines pada sheet excel tersebut tidak ikut dicetak/ditampilkan, maka sembunyikan melalui tab sajian View lalu hilangkan tanda chek pada gridlines. Untuk lebih jelasnya lihat cara menyembunyikan atau menghilangkan garis gridlines microsoft excel 2007.

Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007


5. Cara Cepat menciptakan Tabel dengan Quick Table

Fasilitas pembuatan dengan quick tabel akan menyisipkan tabel dengan cepat dan bahkan disertai dengan contoh pengisian. Tabel yang dibentuk telah mempunyai ukuran dan bahkan format tertentu. Oleh alasannya yakni itu, pembuatan quick table ini seperti kita telah mempunyai suatu bentuk tabel yang telah menjadi standar atau contoh yang kita pakai. Berikut contoh penerapan untuk menambahkan sebuah tabel dengan memakai Quick table.

  1. Jangan lupa, pilih lokasi tabel terlebih dahulu
  2. lalu menyerupai pembuatan tabel yang lainnya, klik dahulu ribbon Insert lalu klik tombol Table
  3. Kemudian pada sajian yang muncul pilih Quick Table
  4. Selanjutnya akan muncul sub sajian yang berisikan jenis dan format tabel. Pilih salah satu jenis tabel yang ada. Jangan ragu, alasannya yakni anda nantinya masih sanggup menambah atau mengatur baris dan kolom pada tabel tersebut. misalkan pilih bentuk tabel With Subheads 2
  5. Tabel yang dipilih akan ditambahkan atau disisipkan pada dokumen anda. Atur tabel tersebut atau hapus isinya untuk digantikan dengan data milik anda.

Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel Tutorial Cara Membuat Tabel di Ms Word 2007


 

Tips Panduan Lengkap Membuat Tabel di Microsoft Word 2007

  • Bila tabel anda memerlukan rumus yang banyak dan sering harus di update, maka gunakanlah tabel dari sheet microsoft excel tapi bila tabel anda hanya berisi data ketikan biasa gunakanlah tabel microsoft word.
  • Untuk mengatur bingkai / border sel dari kolom/baris dengan cepat anda sanggup memanfaatkan draw table atau erase yang ada pada tab Design.
  • Lihat juga artikel lain yang bekerjasama dengan manipulasi tabel di microsoft word menyerupai menambah dan menghapus baris, menciptakan dan menghilangkan warna border, dan lain sebagainya.

0 Response to "Tutorial Cara Menciptakan Tabel Di Ms Word 2007"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel