Cara Membulatkan Bilangan Di Ms Excel

Pembulatan bilangan atau angka real merupakan hal yang lumrah dan sering dilakukan. Saat ingin mengetahui berapa rata-rata kepadatan penduduk di suatu kawasan kita biasanya menghitung dalam satuan jiwa atau orang per luas wilayah. Oleh alasannya itu lebih sempurna bila menampilkan 123 atau 124 orang per Km persegi daripada 123,45 per km persegi. Selain dalam bidang sosial, aplikasi dari pembulatan bilangan juga digunakan dalam banyak sekali bidang lainnya menyerupai keuangan, statistik, matematika, ekonomi dan lain sebagainya. Secara umum ada tiga jenis cara untuk menciptakan bilangan lingkaran yang biasa dipakai: Pembulatan yang tergantung nilainya, pembulatan ke atas dan pembulatan ke bawah. Untuk penggunaan tersebut kita dapat menggunakan fungsi ROUND(), ROUNDUP() dan ROUNDDOWN().

Pembulatan bilangan atau angka real merupakan hal yang lumrah dan sering dilakukan Cara Membulatkan Bilangan di Ms Excel

ROUND( number, desimal)

Fungsi ini akan membulatkan bilangan tergantung pada nilainya. Nilai 0.0 sampai 0.49 akan dibulatkan menjadi 0 (nol), sedangkan 0.50 – 0.99 akan dibulatkan menjadi 1. Hal ini berlaku untuk desimal yang lebih kecil.

Cara menggunakan :

Number : bilangan yang akan dibulatkan
Desimal : banyaknya desimal yang ingin gunakan

Contoh:

=ROUND(43.21, 0) akan memperlihatkan hasil 43. Parameter desimal=0 berarti kita tidak ingin ada bilangan desimal (angka di belakang koma)
=ROUND(3.735, 2) akan memperlihatkan hasil 3.74

ROUNDUP( number, desimal)

Fungsi ROUNDUP akan membulatkan bilangan ke atas jikalau mempunyai desimal yang lebih dari nol Hal ini berlaku untuk desimal yang lebih kecil.

Cara menggunakan :

Number : angka yang akan dibulatkan
Desimal : banyaknya desimal yang ingin gunakan

Contoh:

=ROUNDUP(43.21, 0) akan memperlihatkan hasil 44.
=ROUNDUP(4.00000001, 2) akan memperlihatkan hasil 4.01


ROUNDDOWN( number, desimal)

Fungsi ROUNDDOWN akan membulatkan bilangan ke bawah atau hanya mengambil nilai "bulat" yang lebih kecil.

Cara menggunakan :

Number : angka yang akan dibulatkan
Desimal : banyaknya desimal yang ingin gunakan

Contoh:

=ROUNDDOWN(43.21, 0) akan memperlihatkan hasil 43.
=ROUNDDOWN(7.99999, 0) akan memperlihatkan hasil 7.


 

Tips Cara Membulatkan Bilangan di Microsoft Excel

Fungsi ROUND, ROUNDUP dan ROUNDDOWN akan membulatkan dan merubah nilai. Jika anda hanya ingin menampilkan nilai dalam satuan ribuan, juta atau milyar tanpa merubah nilainya maka gunakan saja custom format menyerupai yang digunakan pada Cara Membuat Tampilan Bilangan Dalam Satuan Ribuan, Jutaan atau Milyar di Microsoft Excel.





0 Response to "Cara Membulatkan Bilangan Di Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel