Cara Mengatur Format Angka Akunting Dengan Simbol Mata Uang Rp Di Excel

Penulisan format angka atau nilai pada akunting gotong royong tidak jauh berbeda dengan penulisan angka pada format riil. Secara default format akunting akan menampilkan garis (dash) bila angka ialah nol dan bila nilainya negatif maka akan ditampilkan dalam tanda kurung. Selain itu biasanya juga menyertakan lambang mata uang di sebelah kiri angka.

Langkah gampang menampilkan format angka akunting ialah dengan melalui ribbon Home, menyerupai pola penggunaan berikut :

  1. Blok atau pilih sel yang akan diubah formatnya menjadi memakai format akunting.
  2. Klik tab ribbon Home
  3. Lalu pada grup number ganti isi Number format dengan Accounting
  4. Sel terpilih akan menampilkan format akunting.

Penulisan format angka atau nilai pada akunting gotong royong tidak jauh berbeda dengan penul Cara Mengatur Format Angka Akunting dengan Simbol Mata Uang Rp di Excel

Lantas bagaimana mengganti tanda/simbol mata uang "$" dengan Rupiah "Rp" ? anda sanggup melakukannya dengan memakai custom format, untuk lebih jelasnya lihat Cara Membuat Tulisan Uang Rupiah (Rp) Muncul Otomatis Di Excel.

Lantas bagaimana bila ingin menampilkan goresan pena dengan mata uang Rp tetapi otomatis akan berwarna merah bila nilainya negatif? Mirip dengan cara menampilkan mata uang Rp. Kita mau tidak mau harus memakai custom format.

  1. Klik kanan cell yang akan diubah formatnya
  2. Pada popup sajian yang muncul klik item Format Cells
  3. Selanjutnya pada dialog Format Cells, pada daftar Category pilih item Custom
  4. Kemudian pada panel bab kanan, pada kotak Type isikan string berikut: _(Rp * #,##0.00_);[Red]_(Rp * (#,##0.00);_(Rp * "-"??_);_(@_)
  5. Klik tombol OK untuk memakai format tersebut pada cell
  6. Tampilan Nilai pada sel sekarang memakai satuan mata uang Rp di depannya dan jikalau nilai negatif maka akan ditampilkan dengan warna merah.

Penulisan format angka atau nilai pada akunting gotong royong tidak jauh berbeda dengan penul Cara Mengatur Format Angka Akunting dengan Simbol Mata Uang Rp di Excel


 

Tips Cara Mengatur Format Angka Akunting di Microsoft Excel

Anda juga sanggup mengatur penggunaan format akunting melalui kategori Accounting yang ada pada dialog Format Cells.



0 Response to "Cara Mengatur Format Angka Akunting Dengan Simbol Mata Uang Rp Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel