Cara Menghitung Nilai Minimum,Maksimum Dan Rata-Rata Di Excel

Nilai paling kecil (minimum), paling besar (maksimum) dan nilai rata-rata sering dipakai dalam excel, diantaranya untuk menemukan berapa besarkah rentang atau selisish antar data terkecil dengan data yang mempunyai nilai terbesar. Oleh alasannya yakni itu nilai minimum, maksimum dan rata-rata sering juga dikala kita menciptakan sebuah statistik deskriptif dari sebuah kumpulan angka. Microsoft excel telah menyediakan tiga buah fungsi statistik standar yakni MIN(), MAX() dan AVERAGE()untuk mencari ketiga nilai tersebut sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot menghitungnya esecara manual. Parameter, nilai yang diberikan untuk menjalankan fungsi, bagi ketiga fungsi tersebut yakni sama, yakni berupa nilai atau range sel. Berikut teladan penerapannya dalam aplikasi sederhana :

  1. Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 sampai A16.
  2. Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, kemudian berturut-turut ketik rumus berikut :
    • =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
    • =MAX(A2:A16), untuk mencari nilai maksimum
    • =AVERAGE(A2:A16), untuk menghitung rata-rata
    dimana A2:A16 yakni daftar nilai atau angka yang akan dicari nilai minimum, maximum maupun rata-ratanya
  3. Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan rata-rata dari daftar nilai yang diberikan.

 diantaranya untuk menemukan berapa besarkah rentang atau selisish antar data terkecil den Cara Menghitung Nilai Minimum,Maksimum dan Rata-Rata di Excel


 

Tips Cara Menghitung Nilai Minimum,Maksimum dan Rata-Rata di Microsoft Excel

Untuk mengetahui nilai modus atau nilai yang paling sering muncul, gunakan fungsi MODE() sedangkan untuk mengetahui nilai yang berada ditengah-tengah, atau median, gunakan fungsi MEDIAN(). Untuk lebih jelasnya lihat teladan cara mengetahui nilai yang paling sering muncul dan nilai tengah dari data di Microsoft Excel.

0 Response to "Cara Menghitung Nilai Minimum,Maksimum Dan Rata-Rata Di Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel