Cara Mengambil Sebagian Teks Dari Sel Ms Excel

Teks merupakan bab penting dari data kita di microsoft excel. Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan dengan teks. Data yang kita miliki sanggup saja berupa meupakan data mentah berupa teks yang berasal dari kegiatan atau aplikasi lain. Kemudian kita tinggal membaginya menjadi beberapa kolom sesuai dengan data yang kita inginkan. Contoh lain, seorang pegawai manajemen mempunyai sederet nomor induk mahasiswa dengan arahan jurusan dan kegiatan studi berada ditengah-tengah, lalu pegawai tersebut ingin menciptakan daftar dari jurusan dan kegiatan studi tertentu saja, dan masih banyak lagi pola lainnya. Semua hal tersebut sanggup kita lakukan dengan cara memanipulasi teks yang ktia miliki.

Ada beberapa fungsi teks yang biasa digunakan untuk mendapat teks dari sebuah sel atau tulisan, yakni LEFT(), RIGHT() dan MID(). LEFT() akan mengambil teks dari kiri tulisan, RIGHT() akan mengambil dari kanan / belakang tulisan, sedangkan MID() untuk mengambil teks yang berada ditengah-tengah tulisan. Berikut format penggunaannya :
  • LEFT( text, panjang_teks_dari_kiri)
  • RIGHT( text, panjang_teks_Dari_kanan)
  • MID( text, posisi_awal_karakter, panjang_teks_dalam_karakter)

Misalkan kita mempunyai sel A1 yang berisi teks "Microsoft Excel 2007".
  • =LEFT(A1, 5) akan menawarkan hasil "Micro"
  • =RIGHT( A1, 4) akan menawarkan hasil "2007".
  • =MID( A1, 11, 5) akan menawarkan hasil "Excel"
  • =MID( A1, 1, 5) akan menawarkan hasil "Micro"
  • =MID( A1, LEN(A1)-3, 4) akan menawarkan hasil "2007"


Dapat dilihat bahwa fungsi MID sanggup saja menggantikan fungsi LEFT() dan RIGHT(). Selain itu kita juga sanggup memakai sumbangan fungsi teks yang lain menyerupai LEN() yang akan menawarkan hasil panjang teks atau tulisan, fungsi FIND() dan SEARCH() untuk mencari nilai posisi teks (dalam satuan karakter) yang dicari dalam sebuah tulisan.

Oke kita lanjut saja dengan pola aplikasi pengambilan sebagian teks dari sebuah sel atau goresan pena di microsoft excel.

Mencari arahan jurusan dari sebuah Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

Misalkan kita mempunyai sederet NIM 10071059, 11322147, 11411436, dsb yang terletak di sel A1, A2, A3, dst dengan format arahan NIM ialah AABBCDDD dimana AA ialah tahun masuk, BB ialah jurusan, C ialah Program Studi, dan DDD ialah nomor urut. Untuk mendapat arahan jurusan dari nim tersebut ialah =MID( A1, 3, 2) sedangkan untuk mendapat arahan Jurusan =MID( A1, 5, 1). Untuk selanjutnya anda tinggal mengkopi saja dari kedua rumus tersebut.

Teks merupakan bab penting dari data kita di microsoft excel Cara Mengambil Sebagian Teks dari Sel Ms Excel

Cara Mendapatkan nama depan dan nama belakang

Untuk mendapat nama depan dan belakang kita mengasumsikan nama lengkap hanya terdiri dari dua buah kata dan dipisahkan oleh sebuah spasi.
Misalkan nama lengkap berada di sel A2. Maka anda sanggup memakai rumus untuk nama depan =LEFT(A2, FIND(" ",A2 & " ")), sedangkan untuk nama belakang =MID(A2,FIND(" ",A2),LEN(A2))

Teks merupakan bab penting dari data kita di microsoft excel Cara Mengambil Sebagian Teks dari Sel Ms Excel

Memisahkan Tempat dan Tanggal Lahir


Tempat dan tanggal lahir biasanya ditulis memakai format nama tempat, tanggal lahir. Contoh nya menyerupai Medan, 17 Januari 1990. Nama daerah dan tanggal lahir dipisahkan dengan tanda koma. Seperti halnya cara mendapat nama depan dan belakang, kita harus memakai sumbangan fungsi FIND() untuk menemukan lokasi koma. Untuk mendapat nama daerah lahir gunakan rumus =LEFT(A2, FIND(",",A2 & ",")-1) sedangkan untuk mendapat tanggal lahir gunakan rumus =TRIM(MID(A2,FIND(",",A2)+1,LEN(A2))).

Teks merupakan bab penting dari data kita di microsoft excel Cara Mengambil Sebagian Teks dari Sel Ms Excel


 

Tips Cara Mengambil Sebagian Teks dari Sel Microsoft Excel

Microsoft excel mempunyai aneka macam fungsi yang sanggup digunakan untuk manipulasi teks atau string. Anda sanggup memakai fungsi tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Yang paling penting, untuk pengambilan sebagian teks dari teks atau goresan pena ialah anda harus tahu persis apa yang hendak anda lakukan. Biasanya fungsi-fungsi menyerupai IF(), LEN(), TRIM(), FIND() dan SEARCH() turut digunakan saat memakai fungsi-fungsi teks menyerupai LEFT(), RIGHT(), dan MID(). Fungsi IF() digunakan untuk memilih, LEN() akan menawarkan nilai berupa panjang teks, TRIM() akan membuang semua spasi di kiri dan kanan teks, sedangkan FIND() dan SEARCH() untuk menemukan (sebagian) teks dalam teks yang lain.

Sebagai contoh, lihat penggunaan fungsi LEN() berikut :

=MID( A1, 7, LEN(A1) )

pola rumus tersebut akan mengambil teks yang ada di sel A1 mulai dari posisi / huruf ke 7 sampai selesai teks,berapapun panjang teks tersebut. Spasi juga dianggap sebagai sebuah karakter. Gunakan fungsi TRIM() untuk menghilangkan spasi yang terletak di awal dan selesai teks.

0 Response to "Cara Mengambil Sebagian Teks Dari Sel Ms Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel