Cara Menghemat Pemakaian Air Bersih

Saat ini sanggup dibilang air higienis bukan barang gratis. Bila kita tidak mengeluarkan uang untuk mendapat air bersih, minimal kita mengeluarkan tenaga dan waktu untuk mendapatkannya. Ada banyak cara gampang dan sederhana yang sanggup lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghemat pemakaian air bersih:

1. Hemat air dikala mandi.

Penggunaan shower sanggup menghemat pemakaian air. Bila tidak, anda sanggup membatasi penggunaan air higienis dalam hitungan gayung, atau pun dengan cara membatasi penggunaan air dengan ember.
Jika rambut anda dikeramas, sebelum bilasan terakhir sabuni terlebih dahulu tubuh anda. Agar air dari hasil bilasan /siraman pada rambut sanggup terpakai untuk membersihkan busa sabun yang menempel ditubuh anda.

2. Jangan biarkan air keran mengalir percuma

Bila menyikat gigi atau mencuci tangan di wastafel, jangan membiarkan air mengalir terbuang percuma dikala anda sedang menyikat gigi atau mencuci tangan dengan sabun.

3. Perbaiki Kebocoran sesegera mungkin

Bila ada kebocoran dalam sistem pipa air di rumah anda segera perbaiki secepat mungkin biar air tidak terbuang percuma.

4. Hemat air dikala mencuci Piring

Sabuni terlebih dahulu semua piring, gelas atau peralatan makan lainnya. Setelah itu gunakan kolam / baskom untuk membilasnya. Gunakan air mengalir untuk bilasan terakhir atau jikalau anda merasa cucian tersebut masih kotor.

5. Menghemat air dikala membersihkan kotoran

Bersihkan terlebih dahulu dengan alat pembersih lainnya menyerupai sapu, spons, lap atau alat pembersih lainnya biar kotoran sanggup dikurangi sebisa mungkin. Gunakan spons / lap dengan pemanis sedikit air dan sabun terlebih dahulu. Hal ini dilakukan biar kotoran menempel pada spons / lap yang anda gunakan. Setelah itu gres gunakan air untuk membilasnya.

6. Menghemat air dikala mencuci pakaian

Kelompokkan pakaian sesuai dengan tingkat kelunturan dan kekotorannya. Gunakan air untuk pakaian dengan tingkat kekotoran atau kelunturan paling sedikit terlebih dahulu.

7. Menghemat air dikala memandikan binatang peliharaan

Mandikan binatang di atas rumput. Kaprikornus anda sanggup memandikan binatang sekaligus menyiram rumput anda.

8. Menghemat air dikala menyiram tanaman

Siram tumbuhan anda pada pagi hari atau sore hari. Pada dikala itu, air akan lebih cepat diserap tanah, dan memperkecil kemungkinan penguapan air. Anda juga sanggup sekalian memandikan binatang peliharaan anda di atas rumput taman.

9. Menghemat air dikala di toilet umum.

Hemat air toilet umum menyerupai kita menghemat air di rumah kita. Dengan menjaga kebersihan toilet umum, kita juga akan ikut menghemat pemakain air untuk membersihkan toilet umum.

10. Hemat pemakaian produk sehari-hari

Setiap barang yang diproduksi sedikit banyak akan memakai air, baik secara eksklusif maupun tidak eksklusif dalam operasional pembuatan produk tersebut. Dengan menghemat barang yang kita pakai, kita juga menghemat pemakaian air dikala produksi barang tersebut dilakukan.

Ajarkan pula untuk menghemat air higienis kepada belum dewasa sejak dini
Dengan menghemat pemakaian air bersih, selain menghemat uang juga sanggup menghemat energi yang sedikit banyak akan kuat pada pemanasan global.

0 Response to "Cara Menghemat Pemakaian Air Bersih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel